KingLand Fokus Masuki Pasar Ban Luar

PT King Tire Indonesia sebagai produsen ban nasional dengan merek King Land terus melakukan ekspansi. Sukses dengan produk ban dalamnya, kini King Land yang sudah ada sejak 1977 sedang fokus untuk menggarap pasar ban luar.

King Tire sendiri mengatakan jika King Land memiliki beberapa keunggulan, misalnya, desain menggunakan kompon khusus yang bisa mengurangi gesekan ban di berbagai medan jalan. “Sehingga tidak menahan laju ban motor dan bisa mengirit BBM,” ungkap Samhadi Priyono, R&D PT King Tire Indonesia.

Sebagai pendatang baru, King Tire menghadapi ketatnya persaingan. Guna meningkatkan daya saing, sebelum dilempar ke pasar, ban motor King Land terlebih dulu melakukan beberapa proses pengujian.

Pengujian dilakukan dengan menjalani road test menempuh jarak hingga 10 ribu km atau sehari menempuh jarak 250km dengan beban 120 persen. “Misalkan ban bisa nahan beban 100kg maka akan berikan beban hingga 120kg,” tambah Samhadi.

Setelah melalui road test, juga dilakukan field test. Dalam uji coba ini, ban diberikan kepada beberapa orang yang memiliki mobilitas tinggi. Pemakaian ban akan dipantau setiap hari oleh King Land. Setelah itu baru memasuki pengujian tahap akhir, feeling test, ban ditest di jalanan untuk mengetahui ban tidak oleng dan sebagainya.

King Land sendiri memiliki beberapa varian ban. Seperti King Scorpion, King Tiger, King Jaguar, King Cobra dan King Lion. Untuk ukuran sendiri, King Land baru memiliki ukuran ring 14inci dan 17inci.

“Kisaran harga di pasaran untuk ukuran ring 17inci sekitar Rp200 ribuan,” ungkap Harris Muliawan, Director PT King Tire Indonesia.

Tags: , , ,