Produsen ban Kingland gaet bikers Jakarta

Produsen ban Kingland, PT United Kingland Indonesia, menggaet pengguna sepeda motor (bikers) Jakarta melalui acara silahturahim yang digelar di Kalibata Jakarta Selatan.

Dalam silaturahim dan halal bi halal bersama bikers yang digelar kemarin (12/08) itu, Kingland sekaligus menjelaskan mengenai varian produk ban sepeda motor yang diproduksinya di pabrik di Serang Banten, kata Kingland dalam siaran pers yang diterima ANTARA News, Kamis.

Kingland yang dikenal lewat produk ban dalam sepeda, motor, kendaraan penumpang, dan truk, sejak 2010 lalu sudah memproduksi dan memasarkan ban luar untuk sepeda motor.

Dalam waktu dekat, menurut National Sales Manager PT United Kingland Indonesia Ferry Candra, Kingland akan meluncurkan ban tubeless, yang selain untuk dipasarkan di Indonesia, sebagian juga akan diekspor ke Malaysia.

"Bayangkan peluang di pasar motor tak kurang dari 90 juta unit. Anggaplah yang disasar 60 juta unit dimana 20 persen dari 60 juta unit merupakan target pasar. Tentu luar biasa,” kata Ferry seraya mengatakan ban tubeless Kingland bergaransi 3 bulan.

Bro Fuad dari komunitas Honda Revo Jakarta mengaku gathering semacam itu selalu dinanti-nanti oleh bikers. Selain bisa bertatap muka dan bersilaturahmi dengan bikers lintas club dan komunitas, mereka juga mendapat ilmu tentang sebuah produk.

“Kami pun jadi tahu, bahwa Kingland produsen ban basional punya produk ban berkualitas dengan harga bersaing," ujarnya.

Menurut Ferry Candra, Kingland semula memasarkan bannya via direct selling, namun sudah hampir lima tahun terakhir mengubah polanya dengan menggunakan jaringan distributor.

Sekarang Kingland telah memiliki jaringan 17 distributor se-Indonesia dan akan terus ditambah. Setelah mengekspor ke Malaysia, United Kingland Indonesia juga akan memasuki pasar ekspor Filipina.

Lewat 17 distributor tersebut Kingland kerap mengadakan gathering dengan bengkel-bengkel kecil demi meluaskan jaringan. Dalam setahun produsen ban yang bergabung dalam Asosiasi produsen ban Indonesia (APBI) ini secara nasional bermitra dengan sekitar 3000 bengkel kecil.

"Dalam hal branding, Kingland terus melakukan pembenahan yaitu dengan melakukan pengembangan konsep desain baru untuk semua media promo dan packaging produk Kingland demi memberikan inovasi dan pencerminan kualitas yang terus berkembang," jelas Sukarma Wiratan, Brand Communication Manager PT United Kingland.

Road show

Kingland tahun ini juga sudah memulai roadshow seputar Jakarta dan sekitarnya, sebagai bagian dari kampanye offline - brand activation Kingland yang menyasar area Jabodetabek.

Dalam roadshow tersebut Kingland membuka tenda-tenda diskon all variant hingga 50% untuk ban luar, 35% untuk ban tubeless, dan 25% untuk ban dalam, plus bebas biaya pemasangan dengan syarat trade in (pertukaran) dengan ban lama konsumen.

Tenda-tenda diskon Kingland sekarang sudah berjumlah 50 titik. Touring Jawa-Bali juga menjadi rencana kampanye Kingland.

Yang menarik dan tak pernah ada sebelumnya, yaitu jika membeli ban dalam dan luar Kingland, konsumen mendapatkan kupon gosok pada kemasan ban dalam maupun ban luar. Masa program Kupon Gosok berlaku “Seumur Hidup” dan penukaran kupon bisa kapan saja.

Untuk ban dalam kupon gosoknya bernilai antara Rp1.000-Rp50.000, sedangkan ban luar antara Rp1000-Rp100.000.

No Comments Yet.

Leave a reply